FREON & OZON


Kita tidak menyadarai bahwa karena ulah manusia, Bumi yang kita diami yang merupakan tempat yang nyaman dan memberikan kehidupan ini pun menjadi rusak . Proses-proses yang yang terjadi di lingkungan kita berada, ternyata membawa dampak terhadap kesehatan kita. Antara lain :
A. Freon dan lapisan Ozon
Apakah ozon itu ?
Ozon adalah salah satu dari gas-gas yang membentuk atmosfera Bumi Molekul oksigen (O2) yang diperlukan ketika kita bernafas membentuk hampir-hampir 20% atmosfera Bumi. Pembentukan ozon (O3) atau pemebentukan molekul oksigen (O3), kurang banyak dalam atmosfera yang mana kandungannya hanya 1/3,000,000 dari gas atmosfera. Lapisan ozon tersebut terletak di lapisan atmosfera bumi, tepatnya pada ketinggian 15 sampai 35 km dari permukaan Bumi.

Molekul-molekul ozon yang terdapat pada lapisan ozon, berfungsi untuk menyerap 99 % sinar ultra violet ( ultra lembayung ) yang datang dari matahari dan berfungsi untuk menjaga agar tidak sampai ke Bumi. Ini berarti ada sebagian kecil sinar ultra violet yang sampai ke Bumi, karena sinar ultra violet juga diperlukan untuk fotosintesa bagi tumbuh-tumbuhan di Bumi. Namun kenyataannya pada tahun 1985 para ahli meneliti adanya penipisan lapisan ozon. Para ahli menemukan adanya lubang dan makin membesar pada lapisan ozon di Kutub.
Adanya lubang tersebut sudah pasti menyebabkan sinar ultra violet yang semula diserap sekarang dengan mudah melalui lubang mencapai permukaan Bumi. Sinar ultra yang berlebih ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kanker kulit dan katarak mata.

Mengapa lapisan Ozon menipis ?
Freon (klorofluorokarbon) dicurigai sebagai penyebabnya. Freon adalah zat kimia yang mula-mula digunakan untuk AC (penyejuk ruangan).

Urutan pengrusakan oleh freon terhadap lapisan ozon :

• Apabila freon dibebaskan ke udara, maka freon akan hancur terkena sinar ultar violet matahari dan melepaskan klorin ( CL ).
• Klorin akan bereaksi dengan ozon ( O3 ) membentuk oksigen ( O2 )
• Akibatnya terjadi penipisan lapisan ozon dan sinar ultra violet dapat dengan mudah menembus lapisan ozon yang tipis untuk mencapai permukaan Bumi

Bagaimana cara mengurangi freon ?

Gas freon semula digunakan pada kaleng-kaleng aerosol, sejak tahun 1970 penggunaan freon dilarang terutama di negara-negara antara lain : US, Norwegia, Kanada dan Swedia. Meskipun demikian ada negara-negara yang masih menggunakan freon dalam kaleng semprotan.
Pada tahun 1991 Du Pont mengumumkan pemakaian pengembangan fluida pembeku baru sebagai pengganti freon yang merusak lapisan ozon.
Pada tahun 1996, US menghentikan produk freon sebagai fluida pembeku pada lemari es dan AC dan diganti dengan zat pembeku baru yang ramah lingkungan. Sejak saat itu pemakaian freon berkurang drastis, meskipun perbaikannya baru akan tampak masa yang akan datang.
B. Pencemaran Udara

Di desa yang jauh dari pembangkit listrik, lalu lintas, pabrik-pabrik tetapi banyak pepohonan, maka udaranya masih segar masih banyak mengandung oksigen. Namun jika daerah yang kita tempati dekat dengan pembangkit listrik, lalu lintas, pabrik-pabrik, maka akan timbul banyak masalah terhadap lingkungan, antara lain adalah pencemaran udara.

Banyak kegiatan sehari-hari kita, yang dapat menyebabkan kerusakan alam ini. Mulai dari hasil pembuangan kendaraan bermotor hingga industri besar. Berikut ini adalah berbagai macam jenis zat kimia yang dapat membuat udara tercemar antara lain : CO2, CO, NO, NO2, SO2 dan SO3, Pb, CFC

a. Pencemaran Udara Oleh Gas karbon Monodioksida (CO)
Di Kota besar berlalu-lalang kendaraan bermotor, knalpot kendaraan bermotor menghasilkan gas buang yang mencemari udara. Salah satu gas buang yang berbahaya adalah gas monooksida (CO). Karbon monooksida adalah gas yang tak berwarna dan tak berbau dan tak terasa, tetapi beracun dan sangat berbahaya bagi manusia.
Gambar 7.5 POLUSI – Kontribusi polusi di kota Jakarta, 80 persen disebabkan oleh gas buang (emisi) kendaraan bermotor. Di kemacetan seperti ini, tingkat pencemaran lebih tinggi. ( Co

Posted on 13/03/2012, in Materi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. isi sudah bagus dan membantu siswa dan orang tua dalam mempelajari materi ini. menurut Pak Darto bumi kita ini akan berakhir kapan berdasarkan analisis fisika?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: